Rabu, 22 Februari 2017

Punya Ruang Status, WhatsApp Bakal Tiru Instagram Stories?



WhatsApp dapat menghentikan pertumbuhan global Snapchat dengan peluncuran WhatsApp Status.

WhatsApp Status berupa tab baru untuk berbagi foto, video dan GIF yang akan menghilang dalam waktu 24 jam. Sama seperti Instagram Stories, ini adalah tiruan dari Snapchat Story. Bedanya, WhatsApp status terenkripsi end-to-end, sama seperti pesan WhatsApp.

Menurut TechCrunch, WhatsApp menguji fitur baru ini untuk para pengguna beta pada bulan November. Sekarang, fitur ini diluncurkan secara global untuk pengguna iOS, Android dan Windows Phone.

Status yang dibuat di WhatsApp akan tampil pada tab baru. Di tab tersebut, teman dan keluarga Anda dapat melihat status Anda, yang akan menghilang dalam waktu 24 jam.

Anda juga bisa membalas secara langsung status tersebut. Fitur Status memberikan kesempatan pada Facebook untuk memonetisasi WhatsApp. Mencontoh Snap dan Instagram, Facebook dapat menyelipkan iklan di antara Status.

Fitur baru ini akan menggantikan pesan status yang ada pada WhatsApp saat ini. Pada awal kemunculannya 8 tahun lalu, pesan status adalah satu-satunya fitur WhatsApp.

"Ide awal di balik proyek ini adalah untuk mengembangkan aplikasi yang memungkinkan teman Anda tahu apa yang sedang Anda alami," ujar CEO Jan Koum. Namun, WhatsApp melihat bagaimana banyak orang mengubah status mereka dengan begitu cepat sehingga aplikasi ini pun berubah fungsinya menjadi chat. Meskipun begitu, fitur status terus ada.

Sekarang, WhatsApp memiliki 1,2 miliar pengguna bulanan. Setiap harinya, pengguna mengirimkan 60 miliar pesan setiap harinya, termasuk 3,3 miliar foto, 760 juta video dan 80 juta GIF.

Jika WhatsApp Status juga diadopsi oleh penggunanya dengan cepat, hal ini dapat menghentikan pertumbuhan global Snap terkait konten buatan pengguna sendiri. 

Dengan begitu, mau tidak mau, Snap harus dapat memanfaatkan penggunanya yang ada saat ini untuk mendapatkan untung atau mengambil untung dari penjualan hardware dan konten profesional.

Instagram Stories, yang kini memiliki lebih dari 150 juta pengguna harian, menunjukkan bahwa tiruan fitur Snapchat pada media sosial yang populer dapat menarik lebih banyak orang. TechCrunch melaporkan bagaimana keberadaan Instagram Stories membuat jumlah Snapchat Stories menurun drastis. (MetroTVNews.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar