Rabu, 01 Februari 2017

Mengatasi Rem Tromol yang Tidak Pakem



Jakarta: Rem tromol harus selalu dalam kondisi pakem. Sebab, rem ini berfungsi untuk memperlambat dan juga menghentikan kendaraan ketika sedang melaju dengan kecepatan tinggi.

Hendra, mekanik yang praktik di bengkel motor Aren Jaya Motor di Bekasi Timur, punya tips agar rem tromol lebih pakem. Caranya dengan membersihkan bagian tromol.
"Pertama Lepaskan tromol dan bersihkan. Bisa dengan melepas dudukan kampas rem terlebih dahulu dan juga tromol. Jika sudah terlepas, Anda bisa bersihkan tromol tersebut menggunakan kain lap bersih atau menggunakan angin kompresor," kata Hendra  Selasa (31/1/2017).

Selanjutnya, bersihkan kampas rem. Caranya dengan rendam kampas rem dengan menggunakan air. Kemudian jemur kampas rem di bawah terik panas sinar matahari sampai kering. Setelah itu, Anda bisa pasang kembali kampas rem ke dalam lubang atau dudukan rem tromol.

"Jika ketebalan kampas rem sudah berkurang atau habis, tandanya kampas rem harus diganti dengan yang baru. Kampas rem yang tipis biasanya sudah tidak bisa mengerem secara maksimal," jelas Hendra.

Selamat mencoba! (Metrotvnews.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar