Senin, 06 Februari 2017

Ilmuwan Temukan Planet yang Punya Kandungan Air



Ilmuwan baru saja menemukan bukti baru keberadaan air di exoplanet pertama yang ditemukan oleh manusia. Exoplanet yang ditemukan pada tahun 1995 tersebut diketahui mengitari sebuah bintang yang mirip dengan Matahari. 

Menggunakan teknologi terbaru, ilmuwan kini bisa memprediksi kandungan dari sebuah objek antariksa yang berjarak sangat jauh, dan secara mengejutkan exoplanet tersebut diperkirakan memiliki kandungan air.

Exoplanet yang dimaksud adalah 51 Pegasi b. Sesuai dengan namanya, exoplanet tersebut berjarak 51 tahun cahaya dari Bumi.

Menurut New Scientist, 51 Pegasi b merupakan planet besar yang masuk ke kategori gas giant seperti Jupiter. Exoplanet tersebut juga memiliki orbit yang sangat dekat dengan bintangnya, sehingga suhu permukaannya diperkirakan sangat panas.

Lalu bagaimana dengan kandungan air yang terdapat di exoplanet tersebut?

Ilmuwan memperkirakan kandungan air di 51 Pegasi b tidak berwujud seperti air di Bumi. Menurut pengamatan menggunakan Very Large Telescope (VLT) di Chili, 51 Pegasi b memiliki kandungan air dalam bentuk uap yang diperkirakan menyelimuti seluruh lapisan atmosfernya.

Meski temuan kali ini tidak membuktikan adanya tanda-tanda kehidupan di 51 Pegasi b, namun setidaknya teknologi di VLT sudah bisa digunakan untuk mengamati berbagai exoplanet lainnya dalam misi mencari petunjuk kehidupan selain di Bumi. (Metrotvnews.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar