Sabtu, 27 Mei 2017

Apple Kembangkan Chip Khusus AI yang Membuat Baterai Tahan Lebih Lama



Apple dikabarkan tengah mengembangkan chip khusus kecerdasan buatan (AI) yang akan mengerjakan tugas terkait AI di perangkat mobile, menurut laporanBloomberg.

Chip ini, yang disebut Apple Neural Engine, akan digunakan untuk mengurangi beban kerja dari tugas yang memerlukan algoritma rumit terkait pengenalan wajah dan suara serta tugasaugmented reality yang menggantungkan diri pada computer vision.


Chip ini akan dapat membuat baterai ponsel lebih tahan lama dan meningkatkan performa perangkat buatan Apple.

Masih belum diketahui apakah chip ini akan digunakan pada perangkat yang diluncurkan tahun ini, lapor Bloomberg, tapi Apple telah mencoba menguji prototipe iPhone berikutnya dengan chip ini.

Menurut The Verge, tujuan akhir dari penggunaan chip ini adalah memisahkan tugas yang membebani prosesor dan kartu grafis iPhone, sama seperti yang Apple lakukan dengan menggunakan chip yang berbeda untuk fitur deteksi gerakan dan chip yang membantu AirPods dapat terhubung ke iPhone dengan lebih mudah.

Selama ini, Apple biasanya enggan untuk banyak berbicara soal produk yang mereka kembangkan. Namun, beberapa tahun terakhir, CEO Tim Cook telah menyebutkan bahwa AR dan AI adalah 2 tonggak utama dari masa depan Apple.

Keduanya dapat membawa Apple masuk ke teknologi baru seperti mobil otonom, asisten digital yang lebih canggih dan pengenalan gambar yang bisa membuat smartphone mengenali konteks dalam dunia.

Meskipun sejauh ini Apple belum membuat pengumuman terkait AI selain update Siri, mereka telah mulai mencari orang-orang berbakat di industri kecerdasan buatan. Selain itu, pada bulan Januari, Apple bergabung dengan Partnership on AI, grup riset yang terdiri dari perusahaan raksasa Silicon Valley terkait efek dari pengembangan robotik dan kecerdasan buatan. (sumber: metrotvnews.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar