Kamis, 30 Maret 2017

Pentingnya Seatbelt sebagai Fitur Keselamatan Berkendara


Jakarta: Beragam fitur keselamatan berkendara, selalu jadi sajian yang paling hangat untuk mengupas sebuah produk terbaru. Tapi ada satu komponen yang secara perlindungan cukup vital, yaitu seatbelt atau sabuk pengaman. Komponen ini bahkan diklaim sebagai fitur keamanan yang paling utama.

Product Knowledge Planning Division PT Toyota-Astra Motor (TAM), Gandhi Ahimsa Putra, memastikan seatbelt adalah fitur keselamatan yang utama. Hal ini karena komponen ini yang paling pertama melindungi saat kecelakaan terjadi.

Kita sebut yang paling utama karena ini yang paling dekat dengan badan. Seatbelt langsung melekat di badan," ujarnya pada Rabu (29/3/2017) saat presentasi Toyota Safety Technology di Penang Bistro Jakarta.

Pentingnya seatbelt sebagai salah satu komponen keselamatan membuat berbagai pabrikan mengembangkan komponen ini. Toyota juga mengembangkan teknologi seatbelt denganpretensioner mechanism dan force-limiter mechanism.

Ketika kecelakaan terjadi, pretensioner mechanism akan aktif. Sabuk akan mengencang untuk menjaga badan agar tidak terpental.

Kemudian setelah beberapa detik, force-limiter mechanism bekerja. Sabuk pengaman akan mengendur dan membuat badan membentur airbag yang sudah mengembang.

"Sistem ini bekerja selaras dengan airbag. Jadi pretensioner mechanism dan force-limiter mechanism bekerja saat airbag mengembang," tambah Gandhi.

Dengan adanya dua teknologi ini membuat presentase risiko cedera berkurang. Khususnya risiko patah tulang bahu akibat tekanan seatbelt yang terlalu kuat. (sumber: metrotvnews.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar