Sabtu, 25 Maret 2017

NASA Berhasil Potret Bintang Lebih Besar dari Matahari



Untuk pertama kalinya dalam sejarah, teleskop Hubble berhasil mengambil gambar bintang raksasa Westerlund 1-26 yang cukup jelas. Westerlund 1-26 adalah bintang raksasa di galaksi Bima Sakti yang berukuran jauh lebih besar ketimbang Matahari.

Westerlund 1-26 adalah bagian dari gugus bintang Westerlund 1. Naional Aeronautics Space Agency (NASA) memotret hampir keseluruhan gugus planet yang sangat terang.

"Gambar dari (teleskop) Hubble ini menguak gugus bintang raksasa yang masih muda bernama Westerlund 1, hanya berjarak 15 ribu tahun cahaya di Bima Sakti, namun rumah bagi bintang-bintang terbesar yang pernah ditemukan," tulis NASA di laman resminya.

Nama Westerlund diambil dari seorang astronom Swedia Bengt Westerlund. Ia pertama kali menemukan sistem ini pada 1961 di konstelasi Ara.

Sejak penemuan itu, Westerlund 1 masuk ke dalam kategori gugus bintang super raksasa. Jika dibandingkan dengan Matahari di sistem tata surya, diameter Westerlund 1-26 jauh lebih luas. 

Diperkirakan diameternya bisa melampaui orbit Jupiter jika ia berada di posisi Matahari. NASA menyebut ukurannya 1.500 kali dari Matahari.

Seperti dikatakan sebelumnya, Westerlund 1 berada di galaksi yang juga dihuni Bumi yaitu Bima Sakti. Dengan demikian jaraknya dengan Bumi tak cukup jauh yaitu 15 ribu tahun cahaya.

Walau angkanya terlihat banyak, dalam kalkulasi astronomi jarak itu tak begitu jauh.

Selain itu, gugus bintang tersebut juga dihuni oleh tiga bintang raksasa lain yang hampir sama besarnya dengan Westerlund 1-26. Belum lagi, masih ada 24 objek antariksa langka yang mampu bersinar jutaan kali lipat dari Matahari. (sumber: CNN Indonesia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar