Kamis, 30 Maret 2017

Bodi dan Roda All New Honda Scoopy, Tak Bisa untuk Versi Lawas


Peluncuran All New Honda Scoopy sontak jadi bahan omongan. Banyak hal yang berubah. Termasuk bagian pelek yang sebelumnya berukuran lebih besar. "Pelek 12 inci untuk memperkuat kesan fashion AT". Itulah pernyataan dari tim R&D Honda South East Asia, Izumi Kanazawa, saat menjelaskan detail dari All New Honda Scoopy yang baru diluncurkan Rabu, 29 Maret 2017 di Gandaria City, Jakarta Selatan.

Asumsi pun mulai berdatangan, tentang trik APM untuk membuat motor baru, padahal hanya menambahkan komponen plug & play untuk produk baru itu. Tapi Honda mengklaim bahwa mereka tidak melakukan modifikasi, melainkan benar-benar membuat cetakan rangka, bodi hingga basis steering dan roda dengan cetakan baru.

Pelek 12 inci ini sudah lebih dulu digunakan di Scoopy generasi sebelumnya di Thailand. Indonesia baru mengaplikaskan lingkar pelek tersebut untuk generasi ketiga skutik retro modern ini.

"Desain pelek menguatkan kesan imut dari motor," lanjut Kanazawa. Tentu banyak pertanyaan, apakah pelek 12 inci yang dibalut ban IRC berukuran 100/90-12 dan 110/90-12 ini bisa dipasang pada Scoopy generasi sebelumnya?

Tidak bisa, di depan lebar segitiga Scoopy lama terlalu sempit. Kecuali mengganti dengan segitiganya dan as roda sekalian. Tentu biayanya tak sedikit," ungkap New Service Product PT Astra Honda Motor, (AHM), Sarwono Edhi.

Lalu untuk pelek belakang, ukuran as rodanya memang sama, begitu pula dengan gigi nanasnya. "Tapi jarak ban dengan ulir sokbreker terlalu tipis, kira-kira hanya 7mm. Saat suspensi mengayun ban bisa saja bergesekan dengan ulir per tadi," wantinya.

Edhi menambahkan, pada suspensi belakang All New Scoopy dibuat berbeda. Diameter ulirnya diperkecil, namun panjang sokbreker bertambah. "Jadi kemampuan redamnya tetap sama baiknya," pungkasnya.

Sama dengan pelek, pemilik Scoopy lawas tak bisas aplikasi bodi All New Scoopy. "Rangkanya beda, bukan hanya dudukan bodi saja, tapi bentuk tulangan rangka pun beda, jadi sama sekali tidak bisa," yakin Edhi.

Barangkali hanya komponen mesin yang bisa saling tukar, karena basis mesin yang sama. Enaknya, pengguna All New Scoopy sudah bisa mendapatkan komponen aftermarket seperti filter udara atau bahkan roller untuk menambah stamina mesin. (sumber: metrotvnews.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar