Sabtu, 01 April 2017

Hoverboard Kembali Hadapi Proses Recall?



Akibat insiden tragis ledakan hoverboard yang menyebabkan kematian dua anak di Pennsylvania, pada awal bulan ini, Consumer Product Safety Commission (CPSC), mengumumkan recall merek hoverboard yang beredar di pasar Amerika Serikat.

Menurut Mashable, merek bermasalah asal Los Angeles tersebut bernama Vecaro LifeStyle. CPSC mengungkap keputusannya untuk melaksanakan proses recall pada merek ini serupa dengan insiden yang terjadi pada tahun 2016 lalu, yaitu permasalahan pada baterai lithium-ion.

"Baterai lithium-ion pada hoverboard berpotensi untuk kelebihan suhu, berasap dan terbakar atau bahkan meledak," ujar penasihat pada situs resmi CPSC. Situs ini juga menyebut nama model Glide65, Drift8, dan Trek10 dari merek hoverboard Vecaro sebagai produk yang bermasalah.

Vecaro juga mencantumkan pengumuman proses recall pada bagian bawah foto model produk tersebut pada situs resminya. Dalam pengumumannya, Vecaro menyebut proses recall akan dilakukan kepada pembelian perangkat selama November 2015 hingga November 2016.

Selain itu, Vecaro juga menyarankan pembeli untuk mengembalikan unit guna mendapatkan perbaikan, atau menukarkan unit dengan kredit sebesar USD200 atau Rp2,6 juta, guna membeli hoverboard Vecaro bersertifikasi keamanan UL. Namun kredit tersebut dinilai tidak sepadan, mengingat harga produk Vecaro lebih dari USD200.

Proses recall yang akan berdampak pada sekitar 500 perangkat ini merupakan kelanjutan dari rangkaian recall yang dilakukan pemerintah Amerika Serikat, terhadap produk hoverboard bermasalah yang beredar di negara adidaya tersebut. (sumber: metrotvnews.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar