Senin, 10 April 2017

Disney Daftarkan Paten Robot yang Aman untuk Anak


Disney baru saja mendaftarkan paten untuk robot dengan bodi yang empuk agar ia bisa berinteraksi dengan aman dengan manusia, khususnya anak-anak, lapor io9.

Di dalam bodinya, robot ini akan dilengkapi dengan berbagai sensor dan software kendali yang bertujuan untuk "mengurangi dampak tabrakan ketika berinteraksi dengan manusia." Dokumen paten ini menjelaskan tentang pengujian yang dilakukan pada robot "seukuran mainan".

Namun, Fortune menyebutkan, teknologi ini tidak perlu ditanamkan pada robot berukuran kecil. Ia akan menjadi penting jika robot memiliki ukuran besar dan akan berinteraksi dengan pengunjung dari taman bermain misalnya. 

Dari dokumen paten, terlihat bahwa Disney ingin mendesain robot yang bisa bergerak dan berinteraksi layaknya karakter animasi.

Pendaftaran paten ini memunculkan dugaan bahwa Disney mungkin sedang mempersiapkan diri untuk menggunakan robot di taman bermain mereka, tidak hanya sebagai robot yang diam, tapi robot yang dapat bebas bergerak dan berinteraksi dengan para pengunjungnya. 

Secara teknologi, melindungi manusia saat bertabrakan dengan robot cukup sederhana. Robot hanya perlu dilapisi dengan lapisan berisi cairan tau gas. Sehingga, ketika robot menabrak manusia, lapisan tersebut akan menyerap tenaga yang terjadi akibat tabrakan dan memberikan input untuk sensor yang ada dalam robot. (sumber: metrotvnews.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar