Jumat, 02 Juni 2017

Pendiri Microsoft Bangun Pesawat Terbesar di Dunia, untuk Apa?


Enam tahun belakangan, salah satu pendiri Microsoft, Paul Allen tengah membuat pesawat raksasa yang dapat meluncurkan roket ke luar angkasa. Kemarin, perusahaannya, Stratolaunch System baru saja memamerkan pesawat buatannya dari hangar di Gurun Mojave untuk pertama kali.

Pesawat yang disebut Stratolaunch ini memiliki ukuran yang sanagt besar. Ia memiliki sayap sepanjang 385 kaki, yang menjadikannya sebagai pesawat terbesar di dunia. Dalam keadaan kosong, ia memiliki berat 500 ribu pon (226 ton) sementara dengan kargo maksimal, beratnya bisa mencapai 1,3 juta pon (590 ton). Stratolaunch memiliki 28 roda dan 6 mesin pesawat 747, lapor The Verge.

Stratolaunch memiliki ukuran yang sangat besar karena Allen ingin menggunakannya sebagai pesawat peluncur roket. Jadi, daripada meluncurkan roket dari tempat peluncuran -- yang memakan banyak bahan bakar -- Stratolaunch akan meluncurkan roket dengan membawanya terbang terlebih dulu.

Perusahaan ini juga sudah mendapatkan satu pelanggan, yaitu perusahaan penerbangan luar angkasa swasta Orbital ATK, yang membuat perjanjian dengan Stratolaunch System pada bulan Oktober lalu.

Sebelum Stratolaunch dapat meluncurkan roket Orbital, mereka harus menyelesaikan pengujian pada pesawat buatannya. Kemarin merupakan langkah pertama untuk itu. Untuk pertama kalinya, pesawat Stratolaunch menahan beratnya sendiri tanpa bantuan berbagai penunjang. 

"Ini adalah langkah penting untuk mempersiapkan pesawat ini untuk melakukan pengujian darat, menguji mesin dan pada akhirnya penerbangan pertama," tulis Stratolaunch System dalam situsnya. Jika semua pengujian ini berjalan lancar, Stratolaunch akan mendemonstrasikan penerbangan pertamanya pada 2019.  (sumber: metrotvnews.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar