Jumat, 02 Juni 2017

Mengenal OS Ambient yang Dikembangkan 'Bapak Android'


 Kemunculan ponsel Essential yang diperkenalkan oleh Andy Rubin mengakiri spekulasi dan teka-teki kemunculannya di hagat teknologi dunia.

Setelah hengkang dari Google, Rubin yang notabene sosok di balik kemunculan Android mengungkap keterkaitannya dengan dunia teknologi. Bukan sembarang ponsel, Essential menurutnya sebagai ponsel masa depan yang akan mengubah perspektif penggunanya.

Bukan menggunakan Android, Rubin justru memilih mengembangkan sendiri sistem operasi Ambient untuk ponsel terbarunya itu. Lantas apa saja keistimewaan Ambient ketimbang Android, sistem operasi ponsel yang dikembangkannya dulu?

Disela Code Conference, Rubin menjelaskan bahwa Ambient mengusung ciri khas serupa dengan Android yakni sebagai platform open source. Hanya saja, fokus Ambient berbeda dengan Android yang lebih menekankan pada perangkat mobile seperti tablet dan ponsel pintar.

Rubin mengatakan sistem operasi yang dikembangkannya memang untuk 'mengaktifkan' rumah. Dengan kata lain, sistem operasi ini kompatibel dengan semua jenis perangkat seperti elektronik pintar di rumah, hingga perangkat berbasis IoT lainnya.
Bukan hanya bisa terkoneksi dengan perangkat Essential, OS Ambient juga bisa terhubung dengan perangkat lain seperti Amazon Echo hingga perangkat Android lainnya.

Meski berbasis open source, Rubin mengklaim sistem operasinya melindungan privasi pengguna.
"Ambient memiliki tingkat keamanan bagi data pengguna dengan tidak mengedepankan teknologi cloud. Pengguna juga bisa memilih mau mengaktifkannya atau tidak," ungkap Rubin seperti dilansir The Verge.

Sepintas kemampuan OS Ambient mengingatkan pada fitur IFTTT (If Then, Then That) yang ada pada fitur Google Assistant, yang memungkinkan pengguna mengatur perintah apa saja yang ingin dieksekusi. Layanan yang berbasis pencarian akan mempelajari informasi dan kebiasaan yang kerap diminta penggunanya.

Alih-alih menyimpan data dalam perangkat pengguna, Rubin berpikir untuk memaksimalkan layanan cloud demi memberikan pengalaman menggunakan Ambient yang lebih baik. (sumber: CNN Indonesia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar