Jumat, 16 Juni 2017

LINE Wave, Speaker Pintar Pesaing Amazon Echo

LINE Wave, Speaker Pintar Pesaing Amazon Echo

LINE Corporation secara mengejutkan merilis sebuah perangkat baru berupa speaker yang ditenagai oleh Clova, sistem kecerdasan buatan (AI) yang dikembangkan oleh LINE sendiri.

Speaker bernama Wave tersebut secara fungsi memang sangat mirip dengan Amazon Echo yang ditenagai oleh Alexa. Namun, Clova di LINE Wave diperlihatkan bisa melakukan banyak hal lain.

LINE mengklaim Wave sebagai "smart jukebox". Perangkat ini hadir dengan teknologi voice recognition yang sangat presisi sehingga mudah untuk mengenali setiap perintah suara yang dilontarkan penggunanya. Bahkan LINE berani mendemokan Wave dan Clova di tengah-tengah acara LINE Conference 2017 yang dipenuhi penonton.

Secara spesifikasi, LINE Wave dilengkapi dengan prosesor Qualcomm quad-core APQ8009 @1,3GHz dengan RAM DDR3 sebesar 1GB dan penyimpanan internal menggunakan EMMC sebesar 8GB. Perangkat ini menggunakan WiFi dan Bletooth sebagai sarana konektivitasnya dan memiliki baterai 5.000 mAh.

Istimewanya, Wave dilengkapi dengan 4 mikrofon khusus yang terhubung langsung ke voice input processor. Hal tersebutlah yang membuat Wave bisa mengenali suara secara presisi.

Wave dikatakan bisa melakukan banyak hal, mulai dari memainkan musik sesuai yang diminta, bahkan memutar musik sesuai dengan mood seperti kondisi cuaca hari ini. Karena terhubung ke cloud, Wave juga bisa memberitahu prakiraan cuaca dan kondisi lainnya. Selain itu, penggunanya juga bisa mengontrol berbagai perangkat rumah menggunakan Wave. Tentu saja, Wave akan kompatibel dengan aplikasi LINE Messaging.

Wave baru akan tersedia di Jepang pada Q4 2017 dengan banderol harga JPY15.000 atau sekitar Rp1,8 juta. Versi awalnya akan dijual pada Q3 2017 seharga JPY10.000 atau sekitar Rp1,2 juta, namun fungsinya baru hanya sebatas memutar musik.

Selain Wave, LINE juga memperkenalkan perangkat serupa bernama Champ. Bedanya, Champ memiliki bentuk yang lebih ringkas dan tampil dengan bodi berbentuk karakter LINE, yaitu Brown serta Sally. Terakhir, LINE juga mengumumkan Face, sebuah perangkat berupa speaker pintar dengan layar terintegrasi sehingga berbagai konten video bisa ditampilkan secara langsung. Sayangnya, LINE belum mengumumkan kapan Champ dan Face akan dirilis. (sumber: metrotvnews.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar