Selasa, 12 September 2017

Manajemen Lebih Canggih dengan Solusi Digital



Transformasi digital sebuah perusahaan memang tidak mudah. Selain banyak hal yang perlu disiapkan, transformasi digital pada perusahaan juga harus dilakukan dengan hati-hati.

Di balik itu semua, transformasi digital dapat menghadirkan nilai tambah bagi perusahaan, mulai dari peningkatan efisiensi dan efektifitas yang pada ujungnya dapat memangkas harga sehingga keuntungan perusahaan dapat meningkat.

Itulah yang secara umum ditawarkan oleh SAP di acara Asian Innovators Summit yang digelar di Jakarta. Acara yang juga menandakan 20 tahun keberadaan SAP di Indonesia ini menampilkan beragam solusi digital canggih yang dimiliki oleh SAP untuk berbagai perusahaan. Bahkan ada juga solusi digital untuk rumahan yang bisa membuat hidup Anda lebih mudah dan nyaman.

"Nyatanya, hanya 5 persen perusahaan yang telah menggunakan solusi digital sepenuhnya. Kebanyakan dari perusahaan tidak tahu bagaimana dan dari mana mereka harus memulai," ujar Kathleen Muller, Head of Analytics and Insight, SAP Southeast Asia. 

"Di situlah kami hadir. SAP menggabungkan bisnis dengan 'people' sehingga perusahaan dapat memperkuat model bisnisnya, bahkan menciptakan model bisnis baru yang jauh lebih baik."



Salah satu solusi yang ditawarkan di acara SAP Asian Innovators Summit adalah SAP Leonardo. Ia merupakan solusi digital menyeluruh untuk berbagai industri. SAP Leonardo juga sangat fleksibel dan bisa digunakan di berbagai kebutuhan serta model bisnis sebuah industri.

Contoh penggunaan SAP Leonardo yang diperlihatkan kali ini adalah pada sistim digital di bandara (Digital Airport). Menggunakan sistim yang dibangun di atas SAP Leonardo, petugas bandara dapat memantau seluruh operasional bandara termasuk kesiapan peralatan.

Jika ada peralatan yang tidak berfungsi, petugas bisa langsung meminta petugas di lapangan untuk melakukan tindakan lanjutan, seperti menutup akses ke wilayah yang dipengaruhi oleh peralatan tersebut hingga melakukan perbaikan seketika. Sistim pemantauan ini sudah menggunakan sensor sepenuhnya sehingga petugas bandara tidak perlu melakukan inspeksi manual.

Selain itu, petugas bandara juga bisa melihat status dari pesawat yang sedang mendarat di bandara. Cukup dengan mengarahkan kamera gadget yang telah dipasangi sistim SAP ke pesawat tertentu, petugas bisa melihat status bahan bakar, kru, penumpang, makanan, kargo, dan lain-lain.

Kehadiran sistim terdigitalisasi tersebut sudah pasti akan memudahkan kerja petugas bandara. Selain itu, waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan bisa ditekan karena informasi dapat disampaikan secara real-time ke setiap petugas. Dengan demikian, efektifitas dan efisiensi kerja dapat ditingkatkan.

SAP juga menyediakan beragam solusi menggunakan teknologi terkini. Dalam acara Asian Innovators Summit kali ini, SAP memamerkan solusi menggunakan teknologi virtual reality. Bahkan satu solusi manajemen pergudangan bisa dihadirkan menggunakan teknologi mixed reality yang dihadirkan oleh Microsoft HoloLens, sebuah perangkat mixed reality yang paling canggih untuk saat ini. (sumber: metrotvnews.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar